Selasa, 29 Juni 2010

laporan PAUD

Kegiatan Pembelajaran

di TPA-KB-RA/TK Puspa Indria Mijen Permai Semarang


Laporan Penelitian

Disusun Guna Memenuhi Tugas

Mata Kuliah: Manajemen PAUD

Dosen Pengampu: Bapak MursyiD




Disusun Oleh :

Dewi Istiana

073311029




FAKULTAS TARBIYAH

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO

SEMARANG

2010

Kegiatan Pembelajaran

di TPA-KB-RA/TK Puspa Indria Mijen Permai Semarang





  1. PENDAHULUAN

Kita sudah lama mengeluhkan mutu pendidikan, tidak terhitung kritikan dan keluhan yang dialamatkan kepada dunia pendidikan. Mulai dari yang mengerti masalah pendidikan sampai pada kalangan masyarakat yang hanya sekedar ikut-ikutan. Semua pendidik saling menyalahkan, Pendidikan Tinggi mempersalahkan pendidikan menegah, pendidikan menengah menyalahkan pendidikan dasar. Begitu selanjutnya bagaikan sebuah lingkaran setan tidak berujung, kusut tanpa diketahui bagaimana masalah pendidikan ini dapat terselesaikan. Dari sikap saling menyalahkan tersebut tidak satupun yang menyalahkan pendidikan Anak Usia Dini atau pendidikan prasekolah. Ini suatu bukti bahwa pemahaman masyarakat tentang PAUD masih rendah dan menganggap PAUD atau pra sekolah hanya sebagai pelengkap, dianggap remeh, dan boleh jadi tidak begitu diperlukan. Padahal kegagalan pendidikan seringkali selama ini karena persoalan-persoalan yang dianggap remeh dan mudah.

Sementara itu pemecahan masalah pendidikan selama ini menganut pola pikir paradoks yaitu suatu keterpaksaan memilih antara kualitas atau kuantitas. Persis seperti memakan buah simalakama, jika dimakan bapak mati tapi jika tidak dimakanpun ibu yang mati. Apalagi kalau dijual, jangan-jangan bapak dan ibunya mati sekaligus. Artinya pemerintah harus memilih antara kuantitas dengan mengabaikan kualitas atau mengutamakan kuantitas tetapi mengorbankan kualitas. Pemikiran keniscayaan memperoleh kualitas dan kuantitas sekaligus memberikan efek yang luas terhadap pemerataan pelayanan pendidikan yang sekaligus bermutu. Wajib belajar 9 tahun yang mulai mewajibkan anak usia SD dan SLTP mengikuti pendidikan merupakan salah satu contoh produk pemikiran dikotomis dalam menyelesaikan masalah pendidikan yang kompleks ini. Pertanyaan adalah, apakah alternatif wajib belajar 9 tahun merupakan sebuah alternatif?

Para pakar dan birokrat sibuk dengan pembenaran pemikiran masing-masing tanpa didukung oleh fakta-fakta empiris. Akhirnya kebijakan pendidikan tidak mendasar dan berdasar. Pendidikan Dasar 9 Tahun merupakan contoh nyata dari kekeliruan kebijakan pendidikan yang mengakibatkan jalan buntu bagi permasalahan pendidikan yang berubah menjadi seperti lingkaran setan. Ibarat bangunan pendidikan dasar adalah slof, tetapi PAUD adalah fundamen dimana slof akan ditempatkan. Fondasi adalah bahan yang akan menghunjam ke bumi dan menyatu dengan tanah kemudian menjadi suatu kekuatan sinergis untuk mendukung fondasi yang disebut sekolah dasar tadi. Berapapun tingginya bangunan, kekokohannya akan sangat ditentukan oleh kekuatan fondasi yang menahan. Artinya optimalisasi kemampuan seseorang sangat ditentukan oleh seberapa kuat pula dasar pertumbuhan dan perkembangan yang dibangun pada saat anak usia dini.



  1. PERMASALAHAN

  1. Kegiatan Pembelajaran siswa di TK Puspa Indria

  2. kurikulum di TK Puspa Indria

  3. Jadwal Kegiatan Siswa

  4. Satuan Kegiatan Harian (SKH)

  5. Satuan Kegiatan Mingguan (SKM)





  1. PEMBAHASAN

    1. Kegiatan Pembelajaran di Tk Puspa Indria

  1. Prinsip-prinsip pembelajaran

  1. berorientasi pada kebutuhan anak

kegiatan pembelajaran pada anak TK/RA harus senantiaa berorientasi kepada kebutruhan anak. Anak TK/RA adalah anak yang sedang membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikhis (intelektual, bahasa, motorik, dan sosioemosional). Dengan demikian berbagai aspek perkembangan dan kemampuan pada masing-masing anak.


  1. belajar sambil bermain

bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada anak TK/RA. Upaya-upaya pendidikan yang diberikan oleh pendidik hendaknya dilakukan dalam situasi media yang menarik, serta mudah bereksplorasi, menemukan dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengannya, sehingga pembelajaran menjadi bermakna.


  1. kreatif dan inovatif

proses kreatif dan inovatif dapat dilakukan oleh pendidik melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, membangkitkan rasa ingin tahu anak, memotivasi anak untuk berpikir kritis dan menemukan hal-hal yang baru.


  1. lingkungan kondusif

lingkungan harus diciptakan sedemikian menarik sehingga anak akan betah. Lingkungan fisik hendaknya memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak dalam bermain. Penataan ruang harus senantiasa disesuaikan dengan ruang gerak anak dalam bermain dan tidak menghalangi interaksi dengan pendidikan atau dengan temannya.


  1. Tema

Jika pembelajaran yang dilakukan memanfaatkan tema, maka pemilihan tema dalam kegiatan pembelajaran hendaknya dikembangkan dari hal-hal yang paling dekat dengan anak, sederhana, serta menarik minat anak. Penggunaan tema dimaksudkan agar anak mampu mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas. Namun fleksibel dan tidak mengikat.

Adapun tema-tema nya adalah

  1. Diri Sendiri

  • Identitas diri

  • Anggota tubuh

  • Cirr-ciri tubuh

  • Kesukaan

  • Macam indra

  • Macam-macam rasa

  • Macam-macam suara

  • Macam-macam penglihatan


  1. Lingkungan

    • Anggota keluarga

    • Fungsi tiap- tiap anggota keluarga

    • Kebiasaan-kebiasaan dalam keluarga

    • Tata tertib dalam keluarga

    • Fungsi rumah

    • Bagian-bagian rumah

    • Alat –alat rumah

    • Lingkungan rumah

  2. Kebutuhan

    • Manfaat makanan dan minuman

    • Jenis makanan dan minuman

    • Asal makanan dan minuman

    • Tata tertib makan dan minum

    • Alat-alat makan dan minum

    • Cara memakai pakaian

    • Manfaat kebersihan dan kesehatan

    • Alat-alat kebersihan

    • Akibat hidup tak bersih dan tidak sehat


  1. Binatang

    • Macam jenis binatang

    • Binatang kesayangan

    • Binatang liar

    • Serangga

    • Burung

    • Ikan tempat hidup binatang

    • Perkembangan binatang

    • Cirri-ciri binatang

    • Kegunaan binatang


  1. Tanaman

    • Macam-macam tanaman

    • Fungsi tanaman

    • Cara menanam tanaman

    • Cara memelihara tanaman

    • Bagian-bagian tanaman



  1. Rekreasi

    • Macam-macam kendaraan

    • Guna kendaraan

    • Nama bagi pengendara/ pengemudi

    • Tempat pelabuhan dan pemberangkatan kendaraan

    • Dengan apa saja kendaraan dapat bergerak

    • Bagian-bagian dari kendaraan

    • Kegunaan rekreasi

    • Tempat-tempat rekreasi

    • Perlengkapan rekreasi

    • Tata tertib rekreasi


  1. Pekerjaan

    • Macam-macam pekerjaan

    • Tugas-tugas/ pekerjaan dari macam-macam pekerjaan

    • Tempat bekerja

    • Alat-alat yang dipakai


  1. Air Udara, API

    • Manfaat air

    • Bahaya air

    • Asal air

    • Sifat air

    • Kegunaan udara

    • Angina

    • Sumber-sumber api

    • Kegunaan pi

    • Bahaya api



  1. Alat Komunikasi

    • Macam-macam alat komunikasi

    • Guna alat komunikasi

    • Bentuk fisik alat-alat komunikasi

    • Cara mempergunakan alat=alat komunikasi


  1. Tanah Airku

    • Nama Negara

    • Lambang Negara

    • Bendera

    • Presiden dan wakil presiden

    • Ibu kota Negara

    • Lagu kebangsaan

    • Hari-hari besar nasional

    • Kota tempat tinggalku


  1. Alam Semesta

    • Macam-macam gejala alam

    • Sebab terjadinya gejala-gejala alam

    • Pemeliharaan lingkungan supaya tidak terjadi gejala alam yang merugikan

    • Kegunaan matahari, bulan, bintang, dan bumi

    • Kapan kita dilihat


  1. mengembangkan kecakapan hidup

proses pembelajaran harus diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup. Pengembangan konsep kecakapan hidup didasarkan pada 2 tujuan yaitu:

  1. memiliki kemampuan untuk menolong diri sendiri (self help) disiplin, dan sosialisasi.

  2. Memiliki bekal kemampuan dasar untuk melanjutkan pada jenjang selanjutnya.


  1. menggunakan pembelajaran terpadu

kegiatan pembelajaran

hendaknya dirancang dengan menggunakan model pembelajaran terpadu dan beranjak dari tema yang menarik minat anak (center of interest)

    1. pembelajaran berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak

  1. anak belajar dengan sebaik-baiknya apabila kebutuhan fisiknya terpenuhi serta merasakan aman dan tentram secara psikologi

  2. siklus belajar anak selalu berulang

  3. anak belajar melalui interaksi sosial dengan orang dewasa dan anak-anak lainnya.

  4. Minat anak dan keingintahuan memotivasi belajarnya

  5. Perkembangan belajar anak harus memperhatikan perbedaan individual


    1. pencapaian kemampuan

pencapaian kemampuan yang diharapkan dilakukan melalui belajar sambil bermain dengan menggunakan berbagai metode dan teknik yang sesuai dengan cara belajar anak

  1. belajar melalui bermain

  2. belajar dengan melakukan

  3. belajar melalui indranya

  4. belajar dengan gerakan

  5. belajar dengan dukungan penuh

  6. belajar sesuai taraf perkembangan

  7. belajar melalui contoh

  8. belajar melalui pengulangan

  9. belajar melalui kegiatan eksperimen

  10. dengan keterbukaan

  11. belajar melalui interaksi terhadap teman-temannya

  12. belajar melalui lingkungan yang positif

  13. belajar dengan kondisi fisik mereka

  14. belajar melalui kegiatan terintegrasi


    1. penilaian

berbagai pendekatan dapat digunakan untuk memperoleh gambaran perkembangan kemampuan dan perilaku anak.

Beberapa cara yang dapat digunakan adalah:

  1. pengamatan, yaitu suatu cara untuk mengetahui perkembangan dan sikap anak yang dilakukan dengan mengamati tingkah laku anak dalam kehidupan sehari –hari

  2. pencatatan anekdot, yaitu merupakan sekumpulan catatan tentang sikap dan perilaku anak dalam situasi tertentu. Hal-hal yang di catat meliputi seluruh aktivitas anak yang bersifat

  3. portofolio, yaitu penilaian berdasarkan kumpulan hasil kerja anak yang dapat menggambarkan sejauh mana keterampilan anak berkembang.


  1. Ruang lingkup

Untuk menyederhanakan lingkup, program menghindari tumpang tindih dan untuk memudahkan guru menyusun program pembelajaran yang sesuai dengan pengalaman anak didik maka isi KBK TK mencakup


  1. kompetensi akhlaq prilaku

  2. kompetensi agama islam

  3. kompetensi bahasa

  4. kompetensi kognitif

  5. kompetensi fisik

  6. kompetensi seni


    1. Kurikulum di TK Puspa Indria

  1. kurikulum atau program kegiatan belajar pendidikan anak usia dini 4-6 tahun merupakan pedoman bagi pendidik (orang tua, guru, orang dewasa lain) untuk digunakan dalam rangka menstimulasi perkembangan anak.

  2. kurikulum atau program kegiatan belajar pendidikan usia 4-6 tahun ini harus dibaca dan dipahami secara keseluruhan, bukan bagian demi bagian.

  3. pelaksanaan dari kurikulum ini harus diusahakan untuk mencapai kompetensi sesuai dengan tingkat kemampuan.

  4. kompetensi yang diharapkan dicapai dapat dilaksanakan melalui tema-tema dan kegiatan lain yang menunjang kemampuan tersebut jika di dalam mengembangkan kompetensi tidak dapat dikaitkan dengan tema, maka kompetensi tetap harus dilaksanakan.

  5. pencapaian kompetensi yang diharapkan, dilakukan melalui kegiatan belajar sambil bermain dengan menggunakan berbagai metode dan teknik yang sesuai dengan prinsip-prinsip belajar anak.

  6. dalam memiliki tema yang akan digunakan sebaiknya di ambil dari lingkungan yang terdekat dengan anak didik atau yang menjadi pusat perhatian anak.

  7. peristiwa-peristiwa penting dan kejadian yang tiba-tiba (insiden) dapat dibicarakan pada saat hal itu berlangsung walaupun tema pada saat itu berbeda dengan peristiwa tersebut.

  8. dalam setiap kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan perbedaan kemampuan dan bakat anak (kecerdasan jamak)

  9. dalam pemanfaatan kurikulum ini tidak bersifat kaku tetapi perlu disesuaikan dengan kondisi sosial dan budaya anak

  10. guru hendaknya menciptakan pembelajaran secara kreatif dengan tetap berpedoman pada kompetensi anak.


Dari hasil wawancara yang dijawab oleh kepala sekolah TK Puspa Indria, Ibu Mas’adah Zainal,S.Ag menyatakan bahwa pembelajaran di TK diberi kesempatan belajar dan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan usia tiap tingkatannya yang di ajarkan meliputi agama. Bahasa, berhitung, bernyanyi, bersisialisasi dan masih berbagai macam keterampilan lainnya. Tujuannya yaitu meninghkatkan daya cipta kanak-kanak dan memacunya untuk belajar mengenal bermacam-macam ilmu pengetahuan

Dalam pengembangan kurikulum berbasis kompetensi dilakukan secara disentralisasi, sehingga pemerintah dan masyarakat bersama-sama menentukan standar pendidikan yang dituangkan dalam kurikulum. Sedangakan kurikulum 1994 diterapkan sebagai pelengkap dari kutrikulum 2004. (Mursyid, 2010)


    1. Jadwal Kegiatan TK Puspa Indria

(Terlampir)

    1. Satuan Kegiatan Harian (SKH)

(Terlampir)

    1. Satuan Kegiatan Mingguan (SKM)

(Terlampir)




  1. KESIMPULAN

Pembelajaran di TK diberi kesempatan belajar dan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan usia tiap tingkatannya karena pembelajaran di TK yang terpenting adalah minat untuk beraktivitas dan bermain. Metode yang digunakan di TPA-KB-RA/TK Puspa Indria untuk TK tingkat A dan B dengan cara klasikal dan untuk Play Group dengan BCCT.

Tema-tema yang dugunakan meliputi: Diri sendiri, Lingkungan, Kebutuhanku, Binatang, Tanaman, Rekreasi, Air, Udara, Api, Alat komunikasi dan Alam semesta. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main.


  1. PENUTUP


Alhamdulillah laporan penelitian ini dapat kami selesaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang membaca makalah ini.

kami sadar, dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekeliruan dan masih jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu kami harapkan kritik dari pembaca untuk perbaikan selanjutnya. Terimakasih.










DAFTAR PUSTAKA



Mursyid, M.Ag. Kurikulum Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Semarang:Akfi media, 2010


Http//www.PAUD.com






PROGRAM RUTIN (JADWAL HARIAN) KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TK PUSPA INDRIA


  • Senin

Upacara bendera

Kegiatan belajar seperti biasa


  • Selasa

Kegiatan belajar seperti biasa/ menari


  • Rabu

Kegiatan belajar seperti biasa

Pengenalan bahasa Inggris


  • Kamis

Kegiatan belajar seperti biasa

Melukis / melukis


  • Jum’at

Pengenalan baca tulis Al-Qur’an (Qiroaty) doa-doa dll.

Infaq / latihan beramal


  • Sabtu

Kegiatan belajar seperti biasa

Olah raga / senam / outbond

Makan bersama / cooking / Renang





PROGRAM TAMBAHAN

  • Majalah tiap bulan

  • Pemeriksaan kesehatan puskesmas

  • Kegiatan tingkat kecamatan dan kota

  • Pentas seni

  • Rekreasi

  • Ramadhan kid’s

  • Menabung

  • Silaturrahmi ke panti asuhan


ALAT PERAGA PENUNJANG

  • Tape (lengkap)

  • Alat musik (Drum band dan Angklung)

  • Komputer


FORMASI GURU DAN JADWAL KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KB/TK PUSPA INDRIA


  1. Formasi Guru

  1. TK A : Ibu Mas’adah Zainal, S.Ag

  2. TK B : Ibu Astri Febrianty

  3. Kelompok Bermain : Ibu Ina Suwidiarti

  4. Bahasa Inggris : Ibu Astri Febrianty

  5. Menari : Ibu Astri Febrianty

  6. Melukis : Ibu Ina Suwidiarti

  7. Musik : Ibu Astri Febgrianty

  8. Agama Islam : Ibu Mas’adah Zainal

  9. Drum band : Bapak Yanuar






  1. Jenis Kegiatan Ekstra Kurikuler


No.

KEGIATAN

HARI

KETERANGAN

1.

2.

3.

4.

5.

Menari

Bahasa Inggris

Melukis,Drum band

Agama Islam

Olah raga/ Out bond

Selasa

Rabu

Kamis

Jum’at

Sabtu

Minggu ke 1,2,3,4

Minggu ke 1, 3

Minggu ke 1,2,3,4

Minggu ke 1,2,3,4

Minggu kie 2, 4




PROGRAM JANGKA PANJANG KB/TK PUSPA INDRIA


No.

Bulan

Kegiatan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

Juli

Agustus

September

Oktober

Nopember

Desember

Januari

Pebruari

Maret

April

Mei

Juni

Orintasi

Perayaan HUT RI, Cooking class

Ramadhan kids

Halal bihalal

Berenang, Cooking class

Manasik Haji

Perayaan Tahun Baru

Outing Class, Cooking class

Panca lomba, berenang

Kartini cilik

Pemeriksaan kesehatan, cooking class

Acara tutup tahun, piknik



JADWAL SERAGAM SEKOLAH


No.

Hari

Seragam

1

2

3

4

Senin – Selasa

Rabu – Kamis

Jum’at

Sabtu

Hitam Putih

Kotak Biru

Baju Muslim/ Batik

Olah raga

MATERI PEMBELAJARAN TK PUSPA INDRIA MIJEN SEMARANG


No.

TEMA

SUB TEMA

WAKTU

KET

1

Diri Sendiri

- identifikasi anggota tubuh

- ciri-ciri tubuh

- kesukaan

3 minggu

Semester I

2

Lingkungan

- alat dan perkakas di dalam rumah

- jenis-jenis rumah

-binatang peliharaan

-sekolah dan peralatan sekolah

4 minggu


3

Kebutuhanku

- manfaat dan jenis makanan, minuman dan pakaian

- tata tertib makan dan minum

- cara memelihara kesehatan

4 minggu


4

Binatang

- jenis dan macam-macam binatang

-ciri-ciri dan perkembangbiakan binatang

- kegunaan dan bahaya binatang

3 minggu


5

Tanaman

- macam-macam tanaman

- bagian- bagian tanaman

- fungsi tanaman

- cara menanam dan memelihara tanaman

3 minggu


6

Rekreasi

- kegunaan rekreasi

- tempat rekreasi dan macam-macam perlengkapan rekreasi

- macam-macam kendaraan

- gunanya kendaraan

- bagian bagian dari kendaraan

4 minggu

Semester II

7

Pekerjaan

- macam-macam pekerjaan

- tugas-tugasnya

- tempat bekerja

-alat-alat yang dipakai

3 minggu


8

Air, api, dan udara

- gunanya air, api, dan udara

- bahanya air dan api

- Asalnya air dan api

- sifat air dan api

2 minggu


9

Alat komunikasi

- macam-macam alat kominikasi

- gunanya alat komun ikasi

- bentuk dan cara menggunakannya

-macam-macam benda pos

2 minggu


10

Tanah Airku

- nama negara, presiden dan simbol simbol negara

- hari hari besar, pahlawan-pahlawan dan suku bangsa

3 minggu


11

Alam semesta

- Matahari bulan dan bintang (kegunaan)

- penciptanya

-macam-macam peristiwa alam (banjir longsor, gempa)

- sebab-sebab terjadinya peristiwa alam.

3 minggu



















Kelompok : B

Semester : II


Disusun Oleh : IGRA Kota Semarang


Dibawah bimbingan:

    1. Bapak Kasi Mapenda Depag Kota Semarang

    2. Bapak/ Ibu Pengawas Depag Kota Semarang

    3. Ibu Sekretaris IGRA Wilayah Jawa Tengah







TEMA

REKREASI




REKREASI

LANDASAN AL-QUR’AN


فَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آَذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ




Artinya:

Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar ? karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah didfalam dada”

( Q.S Al-Hajj:46 )



1 komentar:

  1. ada laporan penelitian paud gak??
    kalau ada kasih tau ya
    suakcot@gmail.com
    winkom.blogspot.com

    BalasHapus